Tuesday, April 16, 2013

Petunjuk praktis Cara memelihara Pongpongan / Kelomang supaya awet bertahun-tahun.

Please use "Google translate" to translate Bahasa Indonesia to English, it's easy, just copy - paste :-)

Petunjuk praktis:
Cara memelihara Pongpongan / Kelomang supaya awet bertahun-tahun.
Sayangilah Pongpongan mu, peliharalah dengan baik walaupun harganya murah:


1. Carikan tempat: bisa baskom, ember bekas, akuarium kecil dll.
 

2. Kelomang jangan dibasahi tapi jangan lupa beri minum air sumur (jangan air ledeng, ada
kaporit nya) dan lebih bagus kalau ada air Laut (bikin sendiri juga bisa, pakai garam kasar non yodium) supaya bisa berendam sendiri. Kalau ada air tawar dan air laut, pongpongan bisa awet bertahun-tahun. Tentu saja tempat kedua air tersebut yang mudah dijangkau kelomang terkecil mudah keluar masuk, boleh juga diletakkan batu karang dll didalamnya dekat pinggiran.
 

3. Beri pasir yang agak basah (tidak boleh terlalu basah ya) dan cukup tebal buat persembunyiannya, kalau sedang sembunyi JANGAN DIGANGGU walaupun bisa sampai beberapa minggu/ hari. Namanya juga HERMIT CRAB dimana HERMIT = Pertapa :-). Kalau sedang Moulting atau ganti kulit bisa 1 - 2 bulan.

4. Walaupun pongpongan makannya sangat sedikit, jangan lupa diberi makan yang alami, misalnya: Tebu, potongan kelapa, Jipang (labu siam), papaya, rambutan manis, ubi manis, timun, apel merah, bengkoang, havermoth, katul baru dll. (ganti tiap hari atau 2 hari 1x) Pongpongan suka yang manis-manis.
 

5. Kalau mau awet jangan dijatuhkan dan jangan dimainkan terus ya, bisa stress, 1 jam saja cukup lalu kembalikan lagi ketempatnya.
 

6. Jangan sampai kena semut, pakailah kapur anti semut di bagian luar tempatnya dan kelomangnya jangan sampai terkena. (beli di warung ada). 7 hari 1x  kapur digores ulang dan diperbarui supaya semut tetap tidak bisa lewat . . . kecuali pakai sepatu dan pakai masker he he he
 

7. Bisa pindah rumah sendiri lho. Carikan cangkang kalau cangkangnya sudah kekecilan atau rusak. (minta atau beli cangkang kosong kepada penjual kelomangnya)
 

8. Mau tahu lebih lanjut, lengkapnya baca posting2 lainnya di sini dari yang paling lama sampai yang terbaru . . .
atau kalau masih kurang puas . . . Ayo bergabung di Group FaceBook "Kelomang Ceria" : https://www.facebook.com/groups/156100244581944/ 


9. SELAMAT memelihara PONGPONGAN / Kelomang, semoga membawa keceriaan untuk mu.

No comments:

Post a Comment